IPB Bogor Bakal Jadi Kampus Transformasi

Senin,28 Agustus 2017 WIB   /   0 Comment



Harianbogor.com- Nasional, IPB Bogor Jadi Kampus  Transformasi, Hampir setiap tahun Indonesia mengalami persoalan di dunia pangan, baik impor daging, beras, kedelai, bahkan belakangan soal impor garam. Bagaimana cara mengatasinya?

IPB, kata Arif, harus menjadi kampus transformatif. Apa pun yang ada di dalamnya, proses-proses akademik, pendidikan, penelitian, dan seterusnya harus mampu bentransformasi atau melakukan perubahan. Dan itu harus dari dalam.

Soal pangan, menurutnya, bukan hanya isu yang sifatnya nasional. Tetapi telah menjadi isu internasional. Word Bank (bank dunia) bahkan memperkirakan di Asia Tenggara dan Asia Timur akan terjadi defisit 125 juta ton pada tahun 2025. “Artinya, kalau kita tidak melakukan inovasi dan terobosan yang luar biasa, maka krisis pangan sudah di depan mata,” bebernya.

Peraih penghargaan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa pada 2009 Bidang Ilmu Pengetahuan dari Mendiknas ini menegaskan bahwa pangan adalah soal hidup-mati. Proses yang terjadi saat ini, menurut dia, adalah konversi lahan terus terjadi sehingga infrastruktur semakin menurun.

IPB Bogor Bakal Jadi Kampus  Transformasi

Harianbogor

Komentar