Benarkah Motor Matik Lebih Unggul dari Bebek?

Selasa,29 Agustus 2017 WIB   /   0 Comment



Harianbogor.com Benarkah Motor Matik Lebih Unggul dari Bebek? Motor bebek pernah jaya di masanya. Sampai kemudian matik perlahan tapi pasti mengeruk pangsa pasar hingga titik tertinggi.

Pada dasarnya, di sektor mesin baik matik ataupun manual relatif sama. Untuk menggerakkan piston, dibutuhkan ledakan di ruang bakar. Ledakan ini sendiri berasal dari campuran antara api yang berasal dari busi, bahan bakar, dan udara.

Namun yang membedakan adalah transmisinya, atau komponen yang bertugas mengaliri tenaga dari mesin ke pengerak akhir, dalam hal ini roda.

Mudahnya, cara kerja transmisi manual adalah menggunakan komponen gear transmisi yang saling terhubung satu sama lain. Pada kondisi netral, tenaga di mesin tidak disalurkan pada poros output karena syncromesh tidak terhubung dengan roda gigi tingkat.

Pada motor matik tenaga mesin langsung diteruskan ke drive pulleyV-Beltdriven pulley, unit kopling centrifugal, baru terakhir roda belakang.

V-belt serta pulley, di sini menggantikan seluruh gear pada motor matik. Mereka bisa mengatur secara otomatis perbandingan giginya sesuai dengan output mesin. Perpindahan rasio transmisi terjadi secara otomatis terus menerus seiring dengan kondisi tarikan gas.

Benarkah Motor Matik Lebih Unggul dari Bebek?

Harianbogor

Komentar