BMKG Pantau Curah Hujan di Wilayah Jawa Barat

Senin,4 Sepember 2017 WIB   /   0 Comment



Harianbogor.com- Nasional, BMKG Pantau Curah Hujan di Wilayah Jawa Barat, Memasuki musim kemarau berkepanjangan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan pemantauan terhadap curah hujan di Provinsi Jawa Barat.

Hasil dari Peta Monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) dan Peta Distribusi Hujan Dasarian III Agustus 2017 pada Provinsi Jawa Barat dilihat sejak 31 Agustus 2017.

Pemantauan HTH, menunjukan bahwa sebagian besar wilayah yang mengalami HTH memiliki kriteria satu sampai lima hari dan masih terhitung sangat pendek.

Kepala BMKG Bogor, Budi Suhardi mengatakan, terdapat kriteria kekeringan yang berpotensi ekstrim di wilayah Subang utara bagian timur, Indramayu dan Purwakarta tengah yakni lebih dari 60 hari tanpa hujan.

Sedangkan untuk Kota Bogor dan Tasikmalaya tengah, lanjutnya, Pada dasarian III Agustus 2017 ini masih terjadi hujan.

“Curah hujan sebagian besar wilayah Jawa Barat masih dalam kriteria rendah (< 50 mm/dasarian). Wilayah itu meliputi Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Majalengka, Cirebon, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran,” urainya.

Ia menambahkan, untuk curah hujan dengan kriteria menengah terjadi pada sebagian wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Purwakarta.

BMKG Pantau Curah Hujan di Wilayah Jawa Barat

Harianbogor

Komentar