Anak Boleh Memiliki Ponsel Sendiri, Diusia Berapa?

Rabu,13 Sepember 2017 WIB   /   0 Comment



Harianbogor.com- Lifestyle, Anak Boleh Memiliki Ponsel Sendiri, Diusia Berapa? Belakangan ini, orangtua harus menjawab pertanyaan, usia berapa anak boleh punya ponsel sendiri?

Tidak seperti kendaraan bermotor yang sudah jelas baru legal di usia 17 tahun, tak ada batasan usia minimal seorang anak layak memiliki ponsel.

"Saya rasa trennya akan semakin muda, karena banyak orangtua yang lelah dengan rengekan anakknya minta ponsel," kata Stacy DeBroff, kepala Influence Central.

Kepala Common Sense Media, organisasi nonprofit yang menganalisa konten dan produk untuk keluarga, James P.Steyer, mengatakan ia memiliki batasan tegas soal kepemilikian ponsel untuk anak-anaknya.

"Saya baru memberikan ponsel saat mereka masuk SMA, setelah mereka belajar dan menghargai komunikasi tatap muka," katanya.

Walau begitu, menurut Steyer setiap orang mungkin bisa memutuskan di usia yang lebih muda. "Tidak ada anak yang sama, dan tak ada patokan usia. Yang terpenting adalah anak sudah cukup dewasa dan bertanggung jawab," katanya.

Pencipta Microsoft, Bill Gates, baru memberikan ponsel untuk ketiga anaknya saat mereka berusia 14 tahun.

Menurut Gates, banyak manfaat positif jika anak tidak memiliki ponsel di usia dini. "Dengan membuat batasan waktu menatap layar komputer atau ponsel, anak-anak jadi bisa tidur pada jam yang sesuai," katanya.

Ponsel atau gawai dianggap bisa menyebabkan kecanduan dan juga membuat anak sulit fokus pada pelajarannya. Belum lagi bahaya dari media sosial seperti bullying online, predator anak, atau sexting.

Manfaatkan fitur-fitur di gawai untuk mencegah anak mengakses situs dewasa. Ada pula aplikasi, misalnya Qustodio di Android, yang memungkinkan orangtua memonitor isi pesan anak dan situs yang dikunjunginya.


Komentar