Inilah Mobil Nirawak Pertama di Dunia

Kamis,14 Sepember 2017 WIB   /   0 Comment



Harianbogor.com - General Motors (GM) dan divisi khusus Cruise Automation mengumumkan bahwa mereka sukses menciptakan kendaraan nirawak pertama di dunia, dalam arti tidak membutuhkan pengendara sama sekali untuk beroperasi.

Pengumuman ini datang dari Chief Executive sekaligus pendiri Cruise Automation, Kyle Vogt. Ia bilang bahwa kendaraan nirawak generasi ketiga ini punya "semua persyaratan keselamatan yang diperlukan untuk beroperasi tanpa pengendara."

Dilaporkan Carscoops, mobil nirawak ini adalah versi yang sangat maju dari Chevrolet Bolt. Sampai saat ini mobilnya memang masih dalam tahap prototipe, tapi seperti yang tadi dibilang, Cruise Automation sudah punya semua perangkat yang dibutuhkan untuk membuatnya jadi produksi massal.

"Hanya butuh penyempurnaan perangkat lunak," kata Vogt. Ia juga bilang kalau kendaraan ini adalah upaya kolektif lebih dari dua ribu orang dengan beragam tugas dan fungsi.

Sebelum diproduksi massal, mobil ini akan terlebih dulu dipakai oleh para pekerja perusahaan. Selain untuk uji coba, tujuannya juga akan masyarakat semakin familiar dengan teknologi ini. Apalagi beberapa riset menyebut kalau masyarakat masih sangat awam soal kendaraan nirawak.

Untuk diketahui usaha-usaha mengembangkan teknologi ini bisa dibilang dilakukan pabrikan besar manapun, dengan kemajuan yang berbeda-beda. Usaha yang sama juga dilakukan perusahaan teknologi seperti Google dan Apple, bahkan Samsung.

Komentar