Gunakan Emoji Ini di Surel Berdampak Negatif, Kenapa?

Jumat,22 Sepember 2017 WIB   /   0 Comment



HarianBogor.com - Lifestyle,  Emoji dengan ikon senyum sering digunakan banyak orang sebagai alat untuk menampilkan kesan ramah dan bersahabat di surat elektronik. Tapi menurut sebuah penelitian, emoji senyum yang diletakkan di bagian akhir surat elektronik ternyata memberikan dampak negatif bagi si pengirim.

Seperti yang ditulis laman Huffingtonpost, menurut jurnal Social Psychology and Personality Scienceemoji senyum pada sebuat surat elektronik bisnis akan menurunkan citra kompetensi Anda. Upaya Anda untuk tampil ramah dan bersahabat yang digunakan sebagai alat untuk tampak bersahabata dan ramah juga terbantahkan.

Penelitian ini menekankan pada penerimaan apakah seseorang efektif dan disukai di tempat kerja dengan atau tanpa menggunakan emoji. Kesimpulan yang dihasilkan juga tidak hanya fokus pada korespondensi bisnis, tapi bagaimana orang melihat seseorang sebagai orang yang dapat dipercaya atau tidak.

Penelitian ini melibatkan 500 partisipan dari 29 negara ini mengajak partisipan untuk mengirimkan surat elektronik dengan tambahan emoji ke seseorang yang tidak dikenal, dan hasilnya bukan hanya gagalnya penyampaian kesan bersahabat, namun juga enggannya penerima surat elektronik untuk menyampaikan informasi karena masalah kepercayaan yang berkurang. Berbeda dengan pengirim yang menggunakan foto diri yang tersenyum, yang lebih diterima sebagai pribadi yang ramah dibanding yang menggunakan emoji atau hanya dengan foto yang terkesan netral.

Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa seseorang yang tidak dikenal dan mengirimkan pesan dengan emoji ditebak sebagai seorang wanita dibanding pria. Penelitian lain memangmenyatakan bahwa di lingkungan kerja, wanita banyak melakukan upaya untuk disukai dengan tampil ramah di lingkungan kerjanya.

Karena efeknya yang memberikan citra negatif pada pengirim, emoji lebih baik digunakan pada surat elektronik yang dikirimkan pada seseorang yang sudah dikenal saja. Emoji juga dikatakan lebih cocok digunakan pada pesan singkat, bukan surat elektronik yang menyangkut pekerjaan. 

Komentar