RI Bakal Barter Komoditas dengan Sukhoi, Bagaimana Kelanjutannya?

Senin,2 Oktober 2017 WIB   /   0 Comment



Harianbogor.com - Nasional, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, saat ini pihak Indonesia masih terus menunggu jawaban dari Rusia soal komoditas perkebunan yang dibutuhkan dalam proses barter pesawat Sukhoi SU-35.

Dia mengungkapkan, hingga saat ini pihak Rusia belum memberikan kepastian soal komoditas apa saja yang diinginkan untuk bisa dibarter dengan pesawat tempur tersebut. Namun dia berharap Rusia segera memberikan jawaban agar komoditas yang diinginkan bisa segera disiapkan.

"Ya tinggal tunggu mereka (Rusia) saja. (Komoditasnya) Belum ditentukan," ujar dia di Hotel JW Marriot, Jakarta, Senin (2/10/2017).

Sementara terkait dengan keinginan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, agar proses perjanjian jual-beli tersebut selesai pada akhir tahun ini, Enggartiasto menyatakan hal tersebut akan tergantung pada jawaban dari Rusia.

"(Selesai di Desember 2017?) Ya kalau bisa, tergantung mereka. Kalau mereka selesai (memberikan jawaban), ya selesai," kata dia.

Selain itu, menurut Enggartiasto, tidak perlu ada penandatangan perjanjian lagi antara Indonesia dan Rusia untuk mempercepat proses ini. Sebab semuanya telah tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) pada Agustus lalu.

"Sudah MoU, enggak perlu agreement," ujar dia.

Komentar