Registrasi Kartu Prabayar Gagal, Harus Bagaimana?

Selasa,31 Oktober 2017 WIB   /   8 Comment



Harianbogor.com - Teknologi, Per 31 Oktober 2017 ini Kementerian Komunikasi dan Informatika mulai mewajibkan registrasi kartu prabayar menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomer Kartu Keluarga (KK). Namun ada saja yang sudah memasukkan dengan benar dan tetap gagal mendaftar.

Pengguna tidak perlu panik jika pendaftaran atau pendafataran ulang menggunakan NIK dan nomor KK yang benar ternyata gagal, sebab ada solusi dan alternatif yang bisa ditempuh dengan mudah.


Menurut Dirjen Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakhrulloh, hal pertama yang sebaiknya dicoba adalah dengan mengulang pendaftaran melalui SMS ke 4444.


"Seluruh data penduduk Indonesia, 261 juta orang, sudah digital. (Kalau NIK dan Nomor KK benar) mestinya tidak bermasalah. Sebaiknya coba dilakukan lagi pendaftarannya secara benar," ujarnya saat dihubungi KompasTekno, Selasa (31/10/2017).


Jika pengguna telah mengulang sebanyak lima kali, namun tetap gagal, biasanya akan muncul pesan berisi tindakan yang mesti dilakukan. Namun sebagai alternatif, menurut Zudan, pengguna juga bisa langsung datang ke gerai milik operator dan melakukan pendaftaran secara manual serta mengisi surat pernyataan.


"Kalau sudah berulang kali mendaftar tapi gagal (sudah pakai NIK dan KK yang benar), maka bisa langsung ke gerai operator dengan mengisi surat pernyataan," jelasnya.


Selain pendaftaran melalui SMS, operator telekomunikasi Indosat, XL Axiata (XL), Telkomsel, Hutchison Tri Indonesia (Tri) dan Smartfren juga membuka saluran pendaftaran melalui situs resmi.


Pengguna yang gagal mendaftar juga bisa mencoba melakukannya melalui situs tersebut. Alamatnya sebagai berikut:


1. Registrasi kartu Telkomsel dengan klik tautan ini


2. Registrasi kartu Indosat dengan klik tautan ini


3. Registrasi kartu XL dengan klik tautan ini


4. Registrasi kartu Tri dengan klik tautan ini


5. Registrasi kartu Smartfren dengan klik tautan ini

Pengguna XL, Indosat, dan Tri juga bisa mendaftarkan diri dengan cara mengunjungi gerai masing-masing operator. Jika sebelumnya pengguna mengalami kegagalan saat mendaftarkan diri, maka di gerai akan diminta untuk mengisi formulir dan surat pernyataan tertentu.

Khusus pengguna Telkomsel, jika gagal melakukan daftar ulang maka bisa meminta bantuan melalui call center tanpa harus datang ke GraPari.


"Jika gagal mendaftar padahal NIK dan Nomor KK sudah benar, pengguna bisa terus mengulang pendaftaran dari SMS sampai berhasil Atau mendaftarkan diri melalui situs pendaftaran Telkomsel, atau bisa menghubungi call centre," terang Head of Media Relation Telkomsel, Aldin Hasyim.


Komentar




Vladilenwem Rabu,1 November 2017 WIB

Adamwem Rabu,1 November 2017 WIB

Cheplanovawem Rabu,1 November 2017 WIB

Vladilenwem Kamis,2 November 2017 WIB

Cheplanovawem Kamis,2 November 2017 WIB

yeezy boost 350 v2 Sabtu,18 November 2017 WIB

I抎 need to verify with you here. Which is not something I normally do! I enjoy reading a post that may make people think. Additionally, thanks for permitting me to remark! yeezy boost 350 v2 http://tinylink.in/6TRH6

yeezy boost 350 v2 Minggu,19 November 2017 WIB

Good day! I just wish to give an enormous thumbs up for the nice info you may have here on this post. I will likely be coming back to your weblog for extra soon. yeezy boost 350 v2 http://tropaadet.dk/yzyv2

gucci belts Senin,20 November 2017 WIB

I wish to point out my admiration for your generosity for visitors who require help on that idea. Your very own commitment to passing the message all-around appears to be surprisingly significant and has without exception permitted ladies like me to attain their objectives. This useful information denotes a great deal to me and even more to my fellow workers. Regards; from each one of us. gucci belts http://www.guccibelt.us.com