RESEP CIRENG MONCROT

Selasa,7 November 2017 WIB   /   0 Comment



Harianbogor.com - Lifestyle, Sebagai orang indonesia kita pasti tau dengan gorengan yang bernama cireng, Makan khas bandung ini memiliki isi yang beranekaragam, mulai dari ayam, keju, baso, dll. Tapi apakah anda sudah mencoba cireng dengan isi yang meluber dimulut? Berikut cara membuatnya:


Bahan Bahan:


400 gram tepung aci/kanji/tapioka

150 gram tepung terigu

1 batang daun bawang, iris tipis

2 siung bawang putih, haluskan

350 ml air panas mendidih

1 sdt garam

1 sdt kaldu bubuk

1/2 sdt lada/merica bubuk

150 gram tepung roti kasar

Seperlunya minyak untuk menggoreng


Bahan Isi :


3 sdm saus tomat

5 sdm saus cabai/sambal

3 siung bawang putih, cincang kasar

1/2 sdt garam

1/4 sdt merica bubuk

1 sdt gula pasir

6 buah cabe rawit merah, cincang kasar

2 sdm tepung maizena, larutkan sedikit air

300 ml air


1. Siapkan wajan lalu panaskan beserta sedikit minyak, tumis bawang putih hingga harum kemudian tuang air. Masukkan saus tomat, saus cabai, cabe rawit serta aduk rata.

2. Setelah mendidih, masukkan garam, merica dan gula pasir, aduk rata dan masak hingga matang. Terakhir, tuang larutan maizena agar mengental, matikan api.

3. Siapkan wadah, masukkan tepung aci, terigu, garam, kaldu bubuk dan merica, kemudian campur dan aduk rata.

4. Masukkan irisan daun bawang, lalu tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan bantuan sendok telebih dahulu sampai air habis

5. Selanjutnya setelah adonan sudah tidak terlalu panas, segera uleni pakai tangan sampai adonan rata dan kalis.

6. Ambil adonan sekepal tangan, bulatkan lalu bentuk lubang dengan bentuk menurut selera. Isi dengan 2 sendok teh sausnya lalu rekatkan kembali.

7. Setelah rekat serta isi tertutup rapat, berikutnya celupkan ke dalam air lalu gulingkan pada tepung roti secara merata. Lakukan terhadap semua adonan cireng, bisa disimpan di kulkas atau langsung digoreng

8. Panaskan minyak dalam waan dengan api kecil, lalu goreng cireng hingga kuning keemasan serta benar-benar matang merata ke dalam, angkat dan tiriskan.


Itulah resep Cireng Moncrot, mudah bukan? anda bisa mengkreasikan sendiri cireng anda, Cireng Moncrot bisa  untuk  teman ngemil anda ataupun sebagai sajian untuk tamu. 

Komentar