Mewahnya KA Bandara Soetta Bikin Penasaran

Rabu,29 November 2017 WIB   /   0 Comment



Harianbogor.com, News - PT Railink siap mengoperasikan Kereta (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada awal Desember 2017. Untuk tahap awal ini, pengoperasian masih sebatas dari Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Sokarno-Hatta.

KA Bandara Soetta ini menjadi proyek sinergi pertama antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tidak melibatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sepeser pun. Bertindak sebagai investor, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Desain interior didominasi warna putih, silver, hitam dan kuning, yang merupakan warna dasar dari logo PT Railink sebagai operator.

Seperti kelas eksekutif, kemiringan kursi KA Bandara ini juga bisa diatur sesuai kenyamanan penumpang. Dalam satu kereta, terdapat setidaknya empat televisi yang bisa menjadi sarana hiburan para penumpang.

Tidak hanya itu, setiap kereta juga dilengkapi sudut sebagai penyimpan koper. Ini akan membantu penumpang dalam menempatkan bagasinya. Tak lupa, KA Bandara Soekarno-Hatta ini juga memiliki toilet yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Berbeda dengan kereta biasa, di setiap siku kursi, dilengkapi fasilitas pengisi daya listrik yang bisa dimanfaatkan setiap penumpang. Selain itu, juga terdapat slot USB dengan kapasitas 5V dengan daya 2,1 Ampere.

KA Bandara Soekarno-Hatta ini juga memiliki jendela yang cukup lebar, sehingga bisa memanjakan para penumpang untuk menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Dalam pengoperasiannya nanti, akan ada sebanyak 10 trainset KRL, di mana setiap trainset terdapat 6 kereta. Adapun kapasitas per trainset sebanyak 272 penumpang.

Pengoperasian KA Bandara ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di antara tanggal 1-4 Desember 2017 sambil menunggu arahan dari Kementrian BUMN.

Pada tahap awal pengoperasian hingga 31 Desember 2017, diberlakukan tarif promosi antara Rp 20 ribu sampai dengan Rp 30 ribu. Sedangkan mulai 1 Januari 2018, Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan berlaku tarif normal sebesar Rp 100 ribu.

Komentar