Mau Lulus Langsung Kerja? Lakukan 6 Hal Ini Sejak Kuliah

Selasa,5 Desember 2017 WIB   /   1 Comment



Harianbogor.com, Ekonomi - Setiap orang tentunya berharap untuk bisa langsung bekerja setelah lulus kuliah. Apalagi jika sampai mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan selama ini, tentunya menjadi impian bagi setiap orang.

Namun, beberapa orang terkadang mengalami kesulitan mencari pekerjaan setelah lulus kuliah sehingga menyebabkan banyak lulusan yang menganggur dalam jangka waktu yang lama.

Lalu, bagaimana cara agar lulus kuliah dapat langsung kerja? Hal-hal berikut perlu dilakukan sejak kuliah :

1. Tanyakan, Apa Untungnya dari Mata Perkuliahan yang Dipelajari?

Kebiasaan baik yang dapat mulai dilakukan sejak awal berkuliah adalah selalu bertanya tentang perkuliahan yang dijalani. Kebiasaan bertanya mengenai manfaat dari ilmu yang dipelajari saat itu akan membuat kamu berpikir panjang mengenai hal-hal yang dipelajari selama masa perkuliahan.

Cara ini juga akan membangkitkan semangatagar dapat lebih rajin dan menaruh minat mendalam pada topik bahasan dalam perkuliahan. Dengan begitu, nantinya dapat membantu kamu memiliki pemahaman yang lebih luas yang mendorong terjadinya terobosan-terobosan baru yang bisa diciptakan.

2. Kembangkan Relasi Seluas-Luasnya

Hal penting yang harus dimiliki selama menjadi mahasiswa adalah memperluas jaringan/relasi pertemanan. Hal ini akan sangat bermanfaat saat lulus dan ingin memulai kerja nantinya. Pengalaman tidak hanya didapatkan dari bangku perkuliahan, tetapi bisa didapatkan dari pengalaman orang lain.

Karena itu, cobalah untuk berteman dengan siapapun selama masa kuliah.Bahkan, cobalah untuk berteman baik dengan orang-orang yang memiliki banyak pengalaman yang dapat dipelajari. Semakin banyak koneksi, semakin banyak bantuan yang diterima saat berada dalam kesulitan.

3. Aktif dalam Organisasi Mahasiswa

Cobalah untuk bergabung dan aktif dalam organisasi-organisasi mahasiswa. Cara ini memang dapat dianggap sebagai jalan pintas agar dapat menuju kesuksesan. Hal ini dikarenakan saat bergabung dengan kegiatan organisasi mahasiswa tersebut, kamu dapat mengasah berbagai skill mulai dari keterampilan personal, keterampilan manajerial, kemampuan dalam berkomunikasi, kemampuan negoisasi, bahkan dapat menambah teman dan jaringan.

Jika kamu terbiasa mengikuti organisasi, setelah lulus pun,kamu akan cenderung untuk terus mencari kegiatan-kegiatan yang positif yang mana dapat mengembangkan diri dan menunjang karier agar lebih profesional. Semangat ini pulalah yang akan membuat kamu akan berusaha untuk tidak menganggur lama-lama setelah lulus kuliah.

4. Berkarya Selama Kuliah Sebagai Wujud Kemampuan

Karya atau portofolio akan dapat bermanfaat sebagai bukti nyata dari kemampuan seseorang pada hal-hal tertentu. Selain tertulis IPK, gelar, dan lainnya, portofolio juga dapat berisi prestasi-prestasi yang didapatkan selama berada di bangku perkuliahan, baik akademik maupun nonakademik.

Segala jenis portofolio ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan untuk merekrut calon karyawan. Apalagi kalau kemampuan kamu sangat berkaitan dengan posisi yang dilamar, tentu saja ini akan berdampak positif untuk karier.

5. Bukan Persoalan Jika Harus Kerja Tak Sesuai Jurusan yang Diambil

Kebanyakan mahasiswa hanya akan terpaku dengan jurusan yang sedang ditempuhnya saja ketika mencari pekerjaan. Tanpa disadari, inilah yang menjadi kendala untuk mendapatkan pekerjaan. Memiliki keinginan bekerja di bidang yang sesuai jurusan memang hal yang bagus.

Namun, tentu saja hal ini bukanlah hal yang mudah. Daripada menunggu terlalu lama, kamu bisa mencari pengalaman dengan bekerja di tempat lainnya. Jangan terlalu kaku saat menjalani pekerjaan tersebut.Bisa jadi hal ini akan membuat kemampuan semakin bertambah.

6. Selalu Asah Diri dalam

Berbagai KesempatanSaat menjadi mahasiswa, selalu coba untuk mengasah diri dalamberbagai kesempatan yang ditemui. Jangan hanya terfokus pada pendidikan yang ditempuh, tapi juga perlu mengembangkan kemampuan lainnya yang bermanfaat untuk karier.