Merah Putih Raksasa Terbentang di Gunung Munara Bogor

Jumat,18 Agustus 2017 WIB   /   0 Comment



Bogor - Hari Kemerdekaan ke-72 RI di Bogor, Jawa Barat, diperingati dengan beragam kegiatan. Mulai menghias perkampungan, pawai, menggelar perlombaan, hingga memasang bendera raksasa.

Salah satunya di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebuah bendera merah putih raksasa berukuran 10 x 20 meter, Kamis (17/8/2017), dibentangkan di lereng Gunung Munara.

Sebelum dikibarkan, bendera raksasa tersebut terlebih dahulu diarak dari Jalan Prada Samlawi menuju Gunung Munara dengan jarak tempuh sekitar 5 km.

Jalan setapak dan licin harus dilalui masyarakat dan pencinta alam untuk mencapai puncak gunung. Begitu tiba di puncak, mereka bahu-membahu mengikat bendera pada sebuah tebing batu yang berada di atas ketinggian mencapai 1119 meter di atas permukaan laut.

Prosesi upacara dilakukan dan diikuti oleh berbagai elemen masyarakat. Mulai dari jajaran Muspika Kecamatan Rumpin, tokoh masyarakat, pencinta alam, dan organisasi masyarakat.

"Ide awal dari pemuda. Ini baru pertama kali kita kibarkan bendera raksasa di atas gunung ini," kata Mulya Diva, ketua penyelenggara pengibar bendera, Kamis (17/8/2017).

Menurutnya, pihaknya sengaja memilih Gunung Munara karena dari tempat ini dapat terlihat lanskap Rumpin dari ketinggian. Lokasi ini juga tidak jauh dari perkampungan.

"Medan yang kita lalui memang cukup sulit dan licin. Tapi alhamdulillah, bendera ini bisa berkibar di atas gunung ini," tutur Diva.

Edi Koswara, tokoh masyarakat setempat, mengatakan, kegiatan pengibaran bendera merah putih ini untuk meningkatkan dan memberikan motivasi kepada masyarakat agar terus mencintai dan bangga menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Yang jelas untuk menumbuhkan kecintaan warga terhadap bangsa Indonesia. Terutama untuk warga Rumpin," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua LPM Desa Kampung Sawah ini. 

Komentar