Ini Manfaat Jika Anda Selalu Melakukan Olahraga Lari Pagi

Senin,21 Agustus 2017 WIB   /   0 Comment



Harianbogor.com- Olahraga, Ini Manfaat Jika Anda Selalu Melakukan Olahraga Lari Pagi, Kesejukan udara dan keramahan alam di pagi hari sayang sekali untuk dilewatkan, sayangnya hanya ada sedikit orang yang menikmati kebaikan pagi dengan berolahraga seperti berlari di pagi hari. Ya, banyak yang belum mengetahui begitu hebatnya manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh, jika Anda sudah mengetahuinya pasti akan meninggalkan jauh-jauh ranjang empuk dan selimut hangat esok pagi.
1. Jantung Sehat Ketika kita berlari, tidak hanya otot-otot kaki saja yang bekerja dan meningkatkan fungsinya, tetapi jantung juga akan giat dalam memompa darah dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari. Jika lari pagi menjadi rutinitas, maka jantung akan terlatih untuk terus bekerja dengan baik sehingga statusnya menjadi lebih sehat dibanding jantung yang tidak terlatih. Hal ini ditunjang juga oleh penelitian yang menunjukkan bahwa dengan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan menekan resiko penyakit atau gangguan tekanan darah hingga 39%.

Di samping itu, masalah endapan kolesterol pada pembuluh darah jantung (aterosklerosis) bisa di kurangi hingga 34%. Berlari pagi memiliki manfaat membantu mengurangi resiko penyakit-penyakit jantung dan pembuluh darah akibat endapan kolesterol jahat seperti penyakit jantung koroner. 2. Mengatasi Hipertensi Diyakini bahwa olahraga kardio seperti lari pagi memiliki manfaat tak kalah hebatnya dalam melancarkan peredaran darah. Gerakan lari pagi yang santai, terbilang cukup proporsional untuk menjaga pola detak jantung. Jika sudah demikian, maka tekanan darah menjadi lebih normal dan detak jantung menjadi teratur. Bagi penderita hipertensi atau darah tinggi memang tidak diperkenankan untuk melakukan olahraga berat yang terlalu memacu kerja jantung, seperti lari cepat, sepak bola, dan sebagainya. Namun para pakar menyarankan agar mulai membiasakan lari pagi dengan catatan lari tidak boleh cepat-cepat. Konsultasikan masalah ini dengan dokter Anda.

3. Paru-paru Sehat Udara terbersih dengan kandungan oksigen tertinggi adalah di pagi hari, saat kita lari pagi otomatis kita akan mendapatkannya. Terlebih ketika kita berlari, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dengan cara meningkatkan frekuensi nafas dan terhiruplah lebih banyak udara kaya oksigen ke dalam paru-paru. Tentu hal ini akan membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

4. Pernafasan Sehat Atas dasar seperti di atas, saluran pernafasan lainnya juga menjadi lebih sehat, terutama bagi mereka yang memiliki masalah atau penyakit saluran nafas seperti asma, PPOK, bronkhitis, dan lain-lain. Hal ini juga ditunjang oleh sebuah penelitian yang melibatkan para penderita asma, mereka dianjurkan untuk lari pagi, yaitu berlari rutin tiap minggunya selama 3 bulan. Hasilnya sungguh menggembirakan, serangan asma jarang kambuh setelah rutin lari pagi. Bahkan mereka merasakan bernafas dengan lebih baik.


Bersumber dari: Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan yang Tak Diragukan Lagi - Mediskus

Komentar