Wisata

Jangan Lewatkan 5 Destinasi Wisata Sejarah Ini Saat Ada di Bogor

harianbogor.com – Bogor merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak kisah sejarah. Menggali berbagai peristiwa sejarah dengan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di kota tersebut pastinya dapat menciptakan sensasi dan pengalaman wisata yang berbeda. Jika kamu tertarik untuk menikmati pengalaman wisata sejarah di Kota Hujan, berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

1. Gereja Zebaoth

Gereja kuno yang sudah ada sejak tahun 1920 ini berlokasi di area Istana Bogor. Di awal pembangunannya, peletakan batu pertama pembangunan Gereja Zebaoth dilakukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-61, Graaf Van Limburg Stirum. Pada saat itu, gereja ini khusus digunakan oleh orang-orang Eropa saja. Sementara, untuk jemaah lokal, mereka beribadah di gereja yang sekarang beralih fungsi menjadi Kantor Pos Pusat Bogor.

2. Gedung Balai Kota Bogor

Gedung yang sudah ada sejak tahu 1868 ini dulunya bernama Societeit, dan merupakan tempat orang-orang Belanda untuk mencari hiburan setelah bekerja seharian. Pada masa itu, di dalam gedung tersebut terdapat berbagai fasilitas hiburan seperti bar, tempat bilyar, panggung, hingga lantai dansa. Setelah masa penjajahan berakhir, gedung ini beralih fungsi menjadi Gedung Balai Kota Bogor.

3. Jembatan Merah

Jembatan ini diperkirakan sudah berdiri sejak tahun 1881. Dinamakan Jembatan Merah atau yang dalam Bahasa Belanda disebut Roode Brug karena pada saat itu jembatan ini dibangun dengan warna merah bata. Peristiwa sejarah yang tercatat pernah terjadi di atas Jembatan Merah Bogor adalah pertempuran sengit antara tentara BKR (Badan Keamanan Rakyat) yang dipimpin oleh Kapten Muslihat dengan para serdadu Belanda.

4. Istana Bogor

Istana Bogor merupakan salah satu tempat bersejarah yang juga menjadi ikon Kota Bogor. Istana yang sekarang menjadi tempat dinas Presiden Indonesia ini didirikan pada tahun 1745 oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda, Baron Gustaf Willem Van Imhof. Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, istana ini juga bak museum seni rupa, karena di dalamnya terdapat ratusan lukisan dan patung hasil karya para seniman dari mancanegara.

5. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor juga merupakan salah satu tempat bersejarah di Bogor yang tak boleh kamu lewatkan. Kebun yang memiliki luas area mencapai 87 hektare ini memang memiliki nilai sejarah dan keunikan tersendiri, sehingga tak heran jika masih sering dikunjungi oleh para wisatawan meski sudah berusia lebih dari 1 abad. Di dalamnya, ada lebih dari 15.000 jenis pohon dan tumbuhan yang tidak hanya berasal dari Indonesia saja tetapi juga dari berbagai penjuru dunia.

6. Prasasti Batu Tulis

Tempat bersejarah yang satu ini berlokasi di Jalan Batutulis No. 54, Kelurahan Batutulis, Bogor Selatan. Prasasti Batu Tulis ini merupakan prasasti peninggalan Kerajaan Pajajaran di masa pemerintahan Prawu Surawisesa, yang merupakan anak dari Prabu Siliwangi. Hal ini dibuktikan dari adanya ukiran kalimat yang ditulis menggunakan aksara Sunda Kuno di atas prasasti tersebut.

Itulah beberapa tempat bersejarah yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Bogor. Selain 6 tempat bersejarah di atas, Bogor juga masih menyimpan beragam pilihan tempat wisata bersejarah lainnya yang bisa kamu eksplor, seperti Klenteng Hok Tek Bio, Museum Etnobotani, Museum PETA, dan masih banyak lainnya. Karenanya, menikmati wisata sejarah di Kota Bogor tentu tak cukup dilakukan dalam waktu sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *