Uncategorized

Cetak Rekor, Jepang Luncurkan Roket Terkecil di Dunia

Harianbogor.com – Jepang–lewat Badan Antariksanya, JAXA–akhirnya berhasil meluncurkan roket terkecil di dunia yang bisa membawa satelit ke orbit.

Menurut keterangan resmi JAXA, roket dengan nama SS-520-5 tersebut berhasil membawa TRICOM-1R (satelit) dengan tiga unit perangkat cubesat ke orbit rendah Bumi.

Tujuan diluncurkannya cubesat yang ada di dalam roket mini ini adalah untuk mengawasi perputaran Bumi dari sebuah kamera.

Menurut yang dilansir The Verge pada Senin (5/2/2018), cubesat adalah satelit miniatur berbentuk kubus yang biasa digunakan untuk penelitian ruang angkasa. Ukurannya sendiri memiliki volume satu liter, dengan massa tak lebih dari 1,33 kilogram.

SS-520-5 sendiri merupakan modifikasi dari sounding rocket atau roket riset bernama SS-520. Sounding rocket adalah pesawat luar angkasa yang dirancang untuk mengukur dan menghitung ketika ia diluncurkan sampai bagian sub-orbital.

JAXA mengklaim misi tersebut menjadi pionir di dalam industri luar angkasa untuk meluncurkan wahana yang lebih kecil dan bisa mengantar muatan yang lebih ringan.

Dilansir dari Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *