Pemerintah

Waduk Ciawi dan Sukamahi Bisa Bantu Atasi Banjir di Jakarta

Harianbogor.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyebut kehadiran Waduk Ciawi dan Sukamahi menjadi sangat mendesak, agar banjir kiriman yang kerap melanda di Ibu Kota DKI Jakarta dapat teratasi.

Ditemui seusai acara Diskusi Ringan Bersama Kang Demiz yang digelar Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Jabar, pria yang akrab disapa Demiz itu mengatakan, Waduk Ciawi dan Sukamahi mampu menekan dampak banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Di sini Waduk Ciawi dan Sukamahi menjadi strategis untuk mengatasi banjir di Depok, Bekasi, hingga Jakarta. Lahan sudah dibebaskan, nanti (dibangun) bersama-sama Pemkab Bogor dan (pemerintah) pusat,” kata Demiz, Senin (5/2/2018).

Selain untuk mengendalikan aliran air ke wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, tambah Demiz, kehadiran Waduk Ciawi dan Sukamahi juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat penampungan air baku hingga pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Demiz pun mengingatkan seluruh warga, khususnya yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, untuk mewaspadai derasnya aliran air dan dampak banjir yang ditimbulkannya.

“Hujan deras yang terus turun berdampak pada naiknya air di Katulampa. Ini peringatan bagi warga di bantaran sungai di Jakarta, Bekasi, Depok. Harus waspada,” katanya.

Dilansir dari Sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *