Kesehatan

Sebagian besar masyarakat mengenal buah naga merah hanya terbatas pada rasanya yang manis

Harianbogor.com – Sebagian besar masyarakat mengenal buah naga merah hanya terbatas pada rasanya yang manis, kandungan airnya yang menyegarkan, serta kenikmatannya pada saat dijadikan sebagai bahan campuran minuman dingin. Diluar itu tak banyak yang memahami akan kandungan manfaat buah naga merah untuk kesehatan. Sama halnya dengan buah naga putih, buah naga merah juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang begitu besar bagi kesehatan tubuh. Buah naga merah memiliki tampilan luar yang sangat unik yakni dengan kulit berwarna merah yang menyerupai bentuk api yang menyala. Bagian dalam buah ini juga berwana merah keunguan, memiliki kadar air yang cukup tinggi, dan berbiji lunak. Tekstur buah di dalamnya hampir menyerupai buah kiwi.

Buah naga merah berkerabat dengan jenis tanaman kaktus dari marga selenicereus dan hylocereus. Buah ini pertama kali ditemukan di Amerika Tengah, kota Meksiko. Saat ini buah naga merah telah banyak dibudidayakan diberbagai negara seperti Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia, Okinawa, Tiongkok Selatan, Australia, dan Indonesia. Untuk mendapatkan manfaat buah naga merah, maka buah ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Kandungan di dalamnya terbukti mampu memperkuat sistem imunitas tubuh selain terdapat banyak kandungan vitamin lain di dalamnya. Manfaat dalam kandungan buah naga sangat baik bagi pemenuhan keterbutuhan vitamin dan mineral pada tubuh manusia.
Berbagai manfaat yang terkandung dalam buah naga merah yang dapat dirasakan secara langsung oleh tubuh sangatlah beragam. Karenanya buah ini sangatlah baik jika dijadikan sebagai keterbutuhan konsumtif sehari-hari. Beberapa manfaat buah naga merah lainnya adalah sebagai berikut : Membantu menguatkan tulang dan gigi Sangat baik bagi usus Membantu mencegah peradangan Membantu menjaga ion dalam tubuh Membantu persendian agar tidak mudah kram Membantu menjaga kesehatan syaraf Sebagai pewarna alami makanan Membantu menghilangkan jerawat pada wajah Membantu melancarkan peredaran darah Membantu melancarkan ASI bagi ibu menyususi Membantu meredakan panas dalam Keterbutuhan akan nutrisi tubuh dapat terpenuhi salah satunya dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Sangat disarankan agar mengonsumsi buah ini secara rutin, mengingat manfaat serta khasiat buah naga merah yang begitu besar bagi kesehatan kita. Buah naga merah rasanya dapat menjadi pilihan yang tepat dalam memenuhi keterbutuhan tubuh akan nutrisi dan hal-hal esensial lainnya. Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaat yang terkandung dalam buah naga merah, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *