Kuliner

Cokelat Karamel, Dessert Akhir Pekan Bersama Keluarga

Harianbogor.com – Akhir pekan tak lengkap rasanya menikmati hidangan utama tanpa kehadiran menu penutup atau dessert di tengah keluarga. Untuk semakin menambah kehangatan, tak ada salahnya untuk mengajak anak-anak sedikit ‘bermain’ di dapur untuk membuat hidangan dessert favorit.

Tak perlu membuat sesuatu yang sulit, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada untuk membuat kue cokelat rasa karamel yang menggugah selera. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Yuk, intip resep  berikut ini:

Bahan-bahan:
100 gram  dark chocolate
125 gram mentega yang telah dicairkan
275 gram gula kastor
3 bh telur
150 gram tepung terigu
60 gram tepung  almond
25 gram  bubuk kakao
250 gram susu coklat
125 ml krim kental

Saus karamael:
165gram gula kastor
125ml krim
1/2sdt garam
250ml Air

Cara membuat:
Panaskan oven sampai 180C. Olesi mentega loyang dan tambahkan kertas roti berukuran 20cm.

Kombinasikan dark coklat dan 250 ml air dalam panci kecil dengan api kecil. Masak, aduk, selama 5 menit atau sampai coklat mencair dan campurannya halus. Sisihkan untuk didinginkan.

Gunakan mixer listrik untuk mengolah  mentega dan gula dalam mangkuk sampai halus  dan lembut. Tambahkan  telur, 1 sekaligus, kocok dengan baik setelah penambahan masing-masing. Campurkan tepung, tepung almond dan bubuk kakao dalam mangkuk.

Tambahkan campuran tepung dan coklat ke dalam campuran mentega. Aduk sampai rata. Adonan kue yang telah jadi agar  dipanggang selama 45-50 menit atau sampai kecoklatan. Sisihkan  selama 30 menit untuk mendinginkannya.

Sementara, untuk membuat ganache, gabungkan coklat dan krim dalam mangkuk tahan panas di atas panci air mendidih. Usahakan jangan sampai mangkuk menyentuh air. Masak dan diaduk rata sampai coklat meleleh . Setelah itu, tutup dengan bungkus plastik dan letakkan di lemari es selama 30 menit atau sampai sedikit membeku.

Sementara kue sedang mendingin, buatlah saus karamel. Tempatkan gula dalam panci sedang di atas api sedang. Masak, aduk dengan sendok kayu, selama 5-7 menit atau sampai gula larut dan karamel. Angkat dari api. Dengan hati-hati dan perlahan tuangkan krimnya,tambahkan garam. Masak dengan api sedang, aduk, selama 5 menit atau sampai saus mendidih dan mengental. Sisihkan untuk didinginkan.  Tambahkan saus karamel ke atas kue cokelat yang telah dibuat. Kue Cokelat Karamel pun siap disantap.

Dilansir dari Sindonews.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *