Kuliner

Jangan Dihindari, Meskipun Tergolong Junk Food 5 Makanan Ini Kaya Nutrisi

Harianbogor.com – Sederetan makanan digolongkan sebagai junk food yang tinggi kalori. Padahal makanan ini baik dikonsumsi karena kaya nutrisi.

Pizza, burger, dan es krim merupakan golongan makanan berlabel ‘junk food’ yang dianggap kurang sehat karena mengandung banyak kalori dan lemak.

Namun menurut salah satu ahli gizi asal Australia, Lee Holmes, Anda tidak perlu khawatir setelah menyantap makanan junk food. “Saya memang tidak merekomendasikan untuk memakan junk food setiap hari. Tapi tidak ada salahnya menikmatinya sesekali.” jelas penulis buku kesehatan Supercharged Your Gut.

Lebih lanjut Lee mengatakan bahwa mengasup satu makanan sehat tidak akan membuat tubuh Anda langsung sehat. Begitu juga dengan junk food, sekali konsumsi makanan junk food tidak akan langsung membuat berat badan naik.

Dilansir dari Dailymail (09/02/18), berikut 5 makanan junk food yang tetap aman Anda konsumsi.

1. Cokelat

Menurut Lee cokelat memang mengandung gula dan tinggi lemak. Tetapi cokelat bisa melepaskan serotonin dalam tubuh, sehingga membuat seseorang merasa bahagia. Cokelat juga mengandung mineral magnesium yang penting untuk fungsi tubuh kita.

Namun Lee menuturkan bahwa mengonsumsi cokelat terlalu berlebih juga bukanlah hal yang baik. Anda bisa mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate dengan kandungan cacao mass 70%.

2. Es krim

Es krim mengandung susu yang bagus untuk memperkuat tulang dan menambah kalsium. Meski Lee tidak menyarankan es krim sebagai asupan untuk menambah kalsium, karena masih banyak sayuran yang kaya kalsium. Tapi Lee mengatakan bahwa es krim tidak sepenuhnya buruk, karena masih mengandung susu yang berguna untuk tubuh.

3. Burger

Burger sering dianggap sebagai makanan ‘junk food’ yang paling tidak sehat. Anggapan bahwa burger mengandung banyak kalori, minyak, dan lemak berlebih. Tapi Lee menyarankan burger dibuat lebih sehat, dengan menambahkan varian sayuran segar di dalamnya.

4. Alkohol

Konsumsi alkohol dalam takaran yang masih dalam batas wajar sebenarnya bisa memberikan beberapa manfaat kesehata. Karena mengandung antioksidan.

“Mengonsumsi alkohol dalam takaran yang normal, berpotensi dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, stroke iskemik dan bahkan diabetes.” tutur Lee.

Namun sekali lagi Lee menjelaskan untuk tetap mengawasi konsumsi alkohol, jangan terlalu berlebih. Anda bisa menambahkan alkohol dengan air soda, jeruk nipis, lemon segar, atau red wine. Karena mengandung antikoksidan lebih tinggi dan lebih rendah gula.

5. Pizza

Pizza merupakan salah satu makanan yang paling digemari di seluruh dunia. Saus tomat yang terdapat diatas pizza biasanya terbuat dari tomat yang tinggi akan vitamin A dan C, sebagai sumber antioksidan untuk tubuh.

“Pizza juga dilengkapi dengan sayuran, tapi beberapa pizza mengandung jumlah gula dan lemak yang besar sehingga itu bisa menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih jenis pizza,” jelas Lee. Sebaiknya pilih pizza bebas gluten sebagai alternatif yang lebih sehat.

Anda juga bisa membuat pizza sendiri di rumah dengan topping sayuran dan bahan yang lebih sehat.

Dilansir dari Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *