Lifestyle

Apakah Kamu Depresi? Perhatikan 5 Tanda Tak Terduga Ini

Harianbogor.com – Kita semua tahu bahwa ketika depresi terjadi, orang menjadi sangat sedih dan putus asa. Tapi, ada pula beberapa gejala depresi yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Padahal, mengetahui gejala awal depresi sangat membantu dalam mengatasi permasalahan ini.

Berikut ini adalah lima gejala depresi yang tak terduga.

1. Tubuh terasa sakit

Bila kesehatan mental terganggu, ada kemungkinan kita merasakan berbagai rasa sakit di tubuh. Hal ini terjadi ketika kita benar-benar berada dalam keadaan negatif.

Ini menjadi alasan utama mengapa tubuh kita terasa sakit dan sekaligus pertanda bahwa depresi sedang menyerang diri kita.

2. Aktif di media sosial

Meski belakangan ini kebanyakan orang tetap sibuk dengansmartphone mereka, bukan berarti mereka disibukkan oleh media sosial.

Terlalu aktif di media sosial bisa menjadi gejala awal depresi. Obsesi dengan media digital dapat menyebabkan kerusakan dalam pikiran kita.

Hal inilah yang akhirnya menyebabkan depresi.

3. Terlalu banyak berpikir

Depresi menyebabkan pikiran bekerja terlalu keras. Jika seseorang berpikir terlalu banyak dengan duduk diam, itu menandakan bahwa ada hal yang buruk dalam pikiran mereka.

Jadi, saat kita merasa sedih, cemas, dan tidak bahagia, pikiran akan bekerja lebih berat karena menjaga perasaan suram dan kesedihan dalam diri kita.

Selain itu, kita juga akan sering melamun.

4. Tidak mengurus diri

Mereka yang menderita depresi umumnya tidak meluangkan waktu untuk mempertahankan penampilan mereka.

Mereka yang dalam keadaan depresi cenderung acak-acakan dengan membiarkan rambutnya berantakan.

Kesejahteraan fisik dan perawatan tubuh menjadi tidak berguna bagi mereka. Mereka tidak peduli dengan penampilan mereka dan tak lagi merawat kesehatan fisiknya.

5. Selalu bingung

Orang yang depresi biasanya kehilangan kekuatan untuk mengambil keputusan karena keadaan mental mereka tidak memungkinkan mereka melakukan itu.

Mereka selalu merasa bingung dan tidak dapat mengambil inisiatif apa pun. Sebab, depresi menghambat proses kognitif yang membantu seseorang dalam mengambil keputusan. Dilansir dari Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *