Otomotif

Belajar Menyetir Mobil Manual Itu Gampang, Ini Rahasianya

Harianbogor.com – Umumnya, orang yang belum pernah mengemudikan mobil manual, akan mengalami kesulitan saat mempraktikan cara mengemudi mobil. Bahkan kepanikan kerap datang ketika sudah berada di belakang setir. Namun berkendara di jalanan tentu membutuhkan kemampuan yang baik serta kewaspadaan yang tinggi.

Kebanyakan, bagi pemula akan lebih memilih belajar mobil manual dibanding mobil matik. Nah, khusus untuk mobil manual, para pemula butuh trik khusus untuk bisa mengendarainya. Seperti panduan yang dikutip dari Daihatsu, berikut beberapa cara mudah mengendarai mobil manual:

1. Kenali Fitur Mobil 

Tips paling utama yang harus dilakukan sebelum belajar menyetir mobil manual adalah menghafal. Pastikan Anda hafal dengan elemen penting mobil seperti pedal rem, gas dan kopling. Jangan sampai salah menginjak karena akan berakibat fatal. Tak hanya itu, tombol lampu sign, klakson dan lainnya juga perlu dihapal. Perhatikan juga letak dan bagaimana mengubah posisi perpindahan gigi mobil atau persneling.

2. Latihan di Tempat yang Tepat

Pilih lokasi yang akan dijadikan tempat latihan menyetir mobil manual. Lokasi seperti lapangan yang cukup luas, akan membuat Anda lebih berkonsentrasi sambil menghafal elemen tadi. Setelah terbiasa barulah pilih lokasi yang lebih menantang. Contohnya jalanan umum yang sepi.

3. Harus Konsentrasi

Saat belajar mengemudi mobil transmisi manual masa-masa paling menegangkan yaitu ketika kamu mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran kamu lebih tenang, lebih relaks dan konsentrasi penuh. Dan patut diingat, saat proses menyalakan mesin mobil, pastikan mobil dalam keadaan netral (tidak masuk gigi).

4. Seimbangkan antara Pedal Kopling dan Gas

Gear shift sudah di posisi gigi 1, tapi belum jalan? Tentu karena Anda belum menginjak pedal gas nya. Tapi jangan diinjak full. Ketika gas akan ditekan, kamu harus angkat kopling kamu pelan-pelan. Ini biasanya bagian paling susah buat pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar.

Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat. Jika sudah berjalan pelan dan hendak melakukan perpindahan gigi, baik naik ataupun turun gigi, Anda harus selalu menginjak kopling.

5. Jangan Lupa Siaga Rem Ketika Gas Sudah Stabil

Jika dirasa mobil terlalu cepat maka sebaiknya Anda melakukan pengereman, secara otomatis kaki harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya, untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks. Cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau melaju pelan.

Dilansir dari Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *