Opini

Buwas Prediksi Toge Si Bos Sabu Tak akan Dieksekusi Mati

Harianbogor.com – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso menyebut pemberlakuan hukuman mati untuk pengedar narkotika kelas kakap sebenarnya sudah diterapkan. Namun, menurut Buwas, perlu komitmen dan ketegasan untuk melaksanakan putusan hukuman mati tersebut.

“(Soal hukuman mati) itu bukan wewenang saya ya, tapi saya sebagai penyidik, sebagai yang menangani narkotika, sebenarnya (narkotika) kejahatannya luar biasa, perlakuannya juga luar biasa. Maka di kala sudah menjadi putusan hakim, maka tidak perlu lagi dia mendapatkan haknya untuk membela,” kata Buwas saat ditemui setelah meresmikan Pusat Laboratorium Narkotika BNN dan Fasilitas Anjing Pelacak (K9) di Lido, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Kamis (22/2/2018).

Ia mencontohkan apa yang terjadi pada terpidana mati Freddy Budiman yang nyaris lolos dari eksekusi dan terpidana mati Togiman alias Toge yang kembali disidangkan karena kasus penyelundupan sabu dari Malaysia yang diungkap BNN.

“kan buktinya kan, almarhum Freddy Budiman (misalnya), tiga kali hukuman mati, tidak mati-mati kan, kalau tidak dipaksa. Ini si Toge juga, Toge itu kan juga sudah dua kali (kena) hukuman mati, ini mau yang ketiga, pasti nggak mati,” imbuhnya.

“Makanya nanti yang bagus nanti hukuman rimba,” tutupnya

Dilansir dari Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *