Kesehatan

Jangan Minum 6 Minuman Ini Setelah Makan Malam

Harianbogor.com – Minum akan membuat kita bebas dehidrasi sepanjang hari. Minum air, kira-kira 2,5 liter sesuai anjuran, membantu proses pencernaan di tubuh kita.

Dari semua cairan, air putih yang memang paling dianjurkan untuk diminum setiap saat. Terutama sehabis makan. Sebab ada sejumlah cairan yang tidak boleh diminum setelah makan, terlebih pula makan malam.

Berikut cairan yang tidak boleh diminum setelah makan malam, seperti dikutip dari situs Boldsky pada Selasa, 20 Februari 2018.

1. Kopi dengan krim

Hujan yang turun nyaris setiap saat akhir-akhir ini, tentu saja minum kopi dengan krim bisa menghangatkan tubuh yang kedinginan.

Di hari-hari biasa juga demikian. Minum kopi di malam hari dilakukan agar tetap terjaga.

Namun, kita dianjurkan untuk tidak minum kopi dengan krim setelah makan malam, karena bubuk krim sebagaian mengandung sirup jagung dan minyak nabati terhidrogenasi.

Minyak nabati terhidrogenasi mengandung sirup tinggi lemak dan gula. Kedua benda ini bisa mengganggu kerja metabolisme di tubuh kita.

Minum yang Pantang Sesudah Makan Malam

2. Minuman soda

Hindari minum minuman soda sebelum tidur, juga sesudah makan malam. Pakar mengatakan minum minuman soda ini seperti halnya makan permen dalam jumlah banyak. Kandungan gula tinggi, juga harus diwaspadai.

3. Susu sapi

Benar bahwa susu adalah sumber kalsium. Salah satu zat gizi yang bagus untuk memperbaiki kesehatan tulang.

Sebagian orang percaya bahwa susu sapi adalah sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin, kalsium, dan protein. Namun, mereka tidak tahu, susu sapi juga berbahaya bagi tulang.

Hal ini karena adanya protein hewani asam yang menghilangkan kalsium dari tulang. Selain itu, susu adalah sumber kalori, lemak, dan kolesterol. Perlu hati-hati juga.

Jangan meminum susu sesudah makan malam. Sama saja dapat meningkatkan kadar kolesterol dan menyimpan lebih banyak lemak.

 

Makan Malam Jangan Minum Ini

4. Jus apel

Jus apel baik, asal buatan sendiri bukan beli kemasan. Apabila memang menginginkan jus apel setelah makan malam, jangan memiih yang kemasan.

Jus dalam kemasan mengandung sukrosa, selain fruktosa alami yang mudah ditemukan di dalam jus segar.

Bila jus apel kemasan diminum setelah makan malam, perut akan terisi dengan banyak gula dan fruktosa.

Sulit memecah ini, karena tubuh tidak melakukan banyak gerakan.

5. Minuman energi

Sama halnya dengan jus apel dalam kemasan, minuman energi tidak disarankan untuk diminum setelah makan malam karena kandungan gula yang terlalu tinggi.

Dilansir dari Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *