Tekno

Pemanfaatan Koneksi Nirkabel pada Signage dan Pengamanannya

Harianbogor.com – Jika ditanyakan kepada pegiat IT, koneksi apa yang paling andal untuk menjadi tulang punggung internet, dapat dipastikan jawabannya adalah koneksi kabel, baik serat optik atau kabel tembaga pendukungnya.

Jadi bukan koneksi satelit atau koneksi wireless alias nirkabel. Jika terjadi kerusakan pada koneksi kabel, misalnya kabel optik bawah laut putus karena gempa bumi atau terkait jangkar kapal, maka koneksi satelit biasanya digunakan untuk menjadi cadangan sampai kerusakan tersebut diperbaiki.

Secara teori, koneksi kabel lebih andal dan cepat dibandingkan koneksi nirkabel. Namun, karena alasan kenyamanan, koneksi nirkabel muncul karena akan sangat merepotkan kalau perangkat pintar yang mobile harus selalu terhubung ke kabel untuk mendapatkan koneksi internet. Atau setiap kali kita ingin mengakses internet ke kafe, harus mencolokkan kabel LAN.

Jadi prinsip dasarnya, koneksi nirkabel adalah koneksi pelengkap untuk membagikan bandwidth yang didapatkan dari koneksi kabel. Walaupun dalam kenyataannya di Indonesia, masih banyak pemanfaatan koneksi nirkabel sebagai koneksi utama menggantikan fungsi koneksi kabel karena berbagai alasan.

Dari sisi keamanan, secara teknis koneksi nirkabel juga lebih mudah diretas dibandingkan koneksi kabel karena untuk menghubungkan diri ke koneksi kabel harus mengakses perangkat koneksi (router atau switch) secara fisik menggunakan kabel dan akan mudah terlihat secara kasat mata.

Sedangkan koneksi nirkabel, karena harus terhubung secara fisik menyebabkan secara teknis lebih mudah diretas, atau setidaknya usaha peretasan lebih sulit terlihat secara kasat mata.

Mungkin karena alasan kepraktisan dan kenyamanan ini, menyebabkan nirkabel juga digunakan untuk mengakses dan mengelola papan iklan elektronik atau running text.

Jadi dengan hanya bermodalkan komputer dengan koneksi nirkabel administrator papan iklan ini bisa mengubah isi iklan pada papan iklan yang dikelolanya. Dibandingkan dengan metode konvensional seperti mengganti konten iklan dengan USB atau menghubungkan papan iklan dengan jaringan kabel akses
melalui nirkabel ini jauh lebih mudah dan nyaman. Dilansir dari Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *