Kuliner

6 Kuliner Legendaris Khas Bogor yang Tetap Eksis

harianbogor.com – Libur akhir pekan sudah tiba! Saatnya manjakan diri kamu dengan menjelajahi tempat-tempat seru. Kalau kamu tinggal di daerah sekitar Jakarta, enggak pilih destinasi yang jauh untuk menghabiskan waktu libur yang singkat ini. Cukup sambangi Bogor si Kota Hujan.

Selain bisa mampir ke aneka tempat wisata menarik, kamu pun dapat mendatangi kafe dan restoran di sana. Kota ini memang terkenal sebagai salah satu surganya makanan enak di Indonesia

Jangan cuma mampir ke tempat-tempat yang menyediakan menu-menu kekinian. Kamu juga harus nikmati berbagai kuliner legendaris Bogor yang rasanya tak kalah lezat. Cita rasa otentik khas Kota Hujan tersebut selalu berhasil bikin orang-orang ketagihan lho.

Tertarik untuk jelajah menu menu enak bin nikmat khas Kota Hujan nanti? Berikut ulasannya.

1. Soto Mi Bogor

Mampir ke Kota Hujan tapi makan di restoran ayam goreng cepat saji? Sayang banget! Kurang afdol liburan akhir pekan kamu di Bogor tanpa ditemani semangkok soto mi yang nikmat.

Menu satu ini memang jadi kuliner legendaris di Bogor yang paling terkenal. Selain ampuh mengatasi lapar, makanan ini juga bisa buat tubuh kamu segar kembali setelah seharian menjelajahi tempat wisata seru.

Seporsi soto mi dihidangkan dengan potongan daging, kikil, irisan kol, mi kuning, bihun, risol, taburan daun seledri, dan bawang goreng. Rahasia kenikmatan makanan ini terletak di kuah kaldunya yang gurih. Makin mantap saat diberi pelengkap seperti sambal dan jeruk nipis.

2. Asinan Bogor

Enggak seperti namanya, asinan Bogor ini punya rasa pedas asam yang menyegarkan. Pas banget dinikmati saat siang hari. Berbeda dengan asinan Betawi yang menggunakan kuah bumbu kacang, asinan dari Kota Hujan memakai saripati rebusan cabai merah.

Ada tiga jenis asinan yang bisa kamu coba, yaitu asinan sayur, asinan buah, atau asinan kombinasi. Sayuran dan buah yang digunakan masih segar semua lho. Sensasi kenikmatan menu ini makin bertambah karena tiap varian diberikan tambahan kacang goreng yang renyah.

3. Toge Goreng

Bisa dibilang kalau makanan ini pamornya sudah hampir menurun karena makin menjamurnya berbagai menu kekinian di Kota Hujan. Walau begitu, kamu wajib memasukkan kuliner legendaris Bogor ini ke daftar incaran saat libur ke sana.

Toge goreng dibuat dari tumisan kecambah, potongan tahu, ketupat atau lontong, serta mi kuning yang kemudian disiram dengan saus yang terbuat dari oncom. Makanan bercita rasa gurih ini cocok dinikmati oleh kamu yang sedang menjalani program diet karena rendah lemak dan karya protein.

4. Makaroni Panggang

Olahan pasta makaroni panggang kini jadi ikon kuliner legendaris sejak cafe Macaroni Panggang yang beralamat di Jalan Salak no. 24, Babakan, Bogor Tengah dibuka. Banyak yang sengaja datang dari luar kota cuma untuk menikmati seporsi olahan pasta ini.

Yang membuat makaroni panggang ini istimewa adalah rasanya yang lezat dengan aroma yang nikmat dan memikat. Teksturnya renyah di luar namun lembut di dalam. Sekali coba, pasti ketagihan deh!

5. Pizza Bakar

Pizza memang bukan makanan asli Bogor. Namun, sejak Kedai Kita mengenalkan menu Pizza Kayu Bakar atau yang lebih akrab disebut Pizza Bakar, kuliner tersebut kini malah jadi daya tarik utama mengapa traveler ingin datang ke  Kota Hujan.

Sajian pizza dimasak di tungku kayu bakar sehingga cita rasa yang dihasilkan jadi lebih lezat. Seloyang pizza yang ukurannya cukup besar bisa dinikmati oleh 2-4 orang lho. Adonan yang renyah berpadu sempurna dengan topping yang digunakan. Hmm.. sukses bikin lidah bergoyang.

6. Laksa Bogor

Selain laksa khas Betawi, kamu juga wajib coba laksa dari Bogor. Keunikan yang bisa kamu jumpai dari menu ini adalah campuran oncom dan kelapa parut yang membuat cita rasanya semakin kaya. Inilah yang membuat kuah gurih di menu tersebut jadi lebih kental jika dibandingkan dengan laksa dari daerah lain.

Kamu yang tinggal di luar area Jabodetabek juga harus cicipi nikmatnya kuliner legendaris tersebut. Segera persiapkan rencana perjalanan kamu sekarang juga.

Dilansir dari : reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *