Kesehatan

Ini Penyebab Timbulnya Ketombe pada Alis Mata

Pernahkah mendapati alis Anda dipenuhi serpihan kecil berwarna putih? Bisa jadi hal ini adalah serpihan yang menyerupai ketombe. Meski terdengar sedikit tidak biasa, ternyata ketombe pada area alis menjadi salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. Lalu apa penyebab munculnya ketombe di area bulu alis tersebut?

Dilansir dari Beautyhealthtips, Rabu (11/04/18), berikut beberapa penyebab munculnya ketombe pada area alis yang patut diketahui.

Kulit kering

Biasanya yang menjadi penyebab utama ketombe pada alis adalah kulit kering. Hal ini biasanya dialami selama musim dingin atau berada di dalam ruangan ber-AC terus menerus dalam tingkat kelembapan yang relatif rendah. Penggunaan produk kimia yang terlalu keras seperti sabun dan toner juga menjadi penyebab kulit kering dan timbulnya ketombe pada alis.

Kondisi ini terjadi di mana kulit mengalami peradangan dan pengelupasan akibat produksi minyak berlebih dari kelenjar minyak. Alis merupakan salah satu area pada wajah, yang memiliki kelenjar minyak terbanyak selain kulit kepala dan area di samping hidung.

Anda bisa mengatasinya dengan cara rutin membersihkan alis dengan menggunakan sampo anti ketombe yang dicampur dengan tiga tetes minyak pohon teh.

Psoriasis adalah salah satu penyakit kulit kronis yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang biasanya terjadi pada daerah siku, lutut, kulit kepala dan alis. kondisi inilah yang menyebabkan munculnya ketombe pada alis.

Contact dermatitis

Kosmetik juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya ketombe pada alis misalnya terlalu sering menggunakan pensil alis berkualitas buruk. Selain ketombe, penggunaan pensil alis juga dapat menyebabkan munculnya ruam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *