Lifestyle

Tips Merawat Barang Berbahan Kulit

Barang apa pun yang berbahan kulit, seperti tas, jaket, atau sepatu memerlukan pemeliharaan yang tepat. Jika Anda melakukan kesalahan, tingkat kerusakannya juga tidak dapat diprediksi.

Anda juga telah memahami mahalnya berbagai barang berbahan kulit. Jadi, wajar kalau Anda ingin merawatnya sebaik mungkin. Dilansir dari whowhatwear.com, Jumat (13/4/2018), berikut beberapa tips merawat barang berbahan kulit. Penasaran?

1. Mengerut

Jika barang berbahan kulit Anda mengerut, cobalah untuk menyetrika dengan tingkat panas yang rendah. Jangan langsung menyetrika bahan kulit tersebut. Beri perantara sebuah kain di antaranya.

Jika itu adalah pakaian, gantungkan selagi Anda mandi. Uap yang tercipta selagi Anda mandi akan menempel di pakaian berbahan kulit tersebut.

Keringkan, kemudian letakkan di atas sebuah kain katun, lapisi dengan kain lainnya, dan timpa dengan barang yang berat, seperti buku. Diamkan beberapa saat untuk menghilangkan kerutan pada barang berbahan kulit tersebut.

2. Memudar

Jika barang berbahan kulit memudar, apa yang harus dilakukan? Anda harus berusaha menjauhkannya dari cahaya langsung.

Jika barang tersebut adalah sepatu atau sepatu, maka simpanlah di dalam sebuah tas berwarna gelap untuk memberikan perlindungan ekstra. Apa Anda pernah melakukan cara ini pada barang berbahan kulit yang mulai memudar?

3. Retak atau pecah

Barang berbahan kulit yang retak tidak akan enak untuk dilihat, benar? Atasi dengan minyak cerpelai, sabun pelana, atau pelembap kulit.

Ya, beberapa produk dapat mengubah warna barang, jika warnanya terang, selalu lakukan tes di area yang tidak terlalu terlihat. Anda juga bisa menggunakan kondisioner untuk membantu barang berbahan kulit yang telah menjadi sangat kaku

4. Terkena air

Bagaimana jika barang berbahan kulit Anda terkena air? Gunakan semprotan anti-air yang saat ini telah banyak dijual, tapi pastikan jika produk yang Anda gunakan tidak akan menyebabkan perubahan warna atau kerusakan yang lebih parah.

5. Membersihkan

Menurut para ahli, membersihkan barang berbahan kulit cukup dua kali dalam satu tahun. Namun, jika ada sesuatu yang benar-benar harus dibersihkan, maka gunakan kain lembap.

6. Terkena noda

Jika barang berbahan kulit Anda terkena noda, apa yang harus dilakukan? Bawalah barang tersebut kepada seorang ahli yang dapat mengatasinya atau gunakan pembersih tinta untuk menghilangkan noda tinta atau lipstik.

7. Penyimpanan

Jagalah barang-barang Anda yang terbuat dari bahan kulit di tempat yang bersih, kering, dan sejuk. Jika Anda harus menggantungnya, maka gunakan bantalan busa pada klip gantungan.

Untuk sepatu, gunakan kotaknya saat tidak digunakan. Cara terbaik untuk menyimpan barang berbahan kulit adalah di dalam sebuah kotak kayu ek atau pinus atau gantung saja di dalam lemari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *