Tekno

Google Bocorkan Tampilan Android P, Usung Gestur ala iPhone X

Google dikabarkan tengah menguji sejumlah fitur pendukung untuk Android P. Salah satunya adalah bar navigasi yang disebut mirip dengan gestur dan antarmuka iPhone X.

Hal itu diketahui lantaran Google seakan ‘tak sengaja’ membagian screenshot yang menampilkan navigasi baru di laman blog pengembang Android. Hanya saja, unggahan itu hanya bertahan sebentar sebelum akhirnya dihapus.

Dalam menu navigasi terlihat tampilan tak lagi memboyong tombol multitasking. Tombol ‘home’ pun dibuat jauh lebih kecil dengan bentuk serupa pil.

Google diketahui memang sedang menguji fitur tersebut untuk sementara waktu. Tapi tidak diketahui apakah tombol menyerupai pil seperti pada Moto X5 akan berfungsi layaknya tombol ‘home’ atau sekedar penanda untuk swipe ke atas seperti iPhone X.

Seperti tampilan tombol pada ponsel Samsung Galaxy, mengutip 9to5Google, kontrol itu kabarnya juga akan muncul hanya ketika pengguna memerlukannya.

Ini sebenarnya bukan pertama kali Google menguji bar navigasinya dalam berbagai versi. Meski tak menjamin bahwa pengujian itu nantinya akan dirilis untuk pengguna.

Namun, kemunculan bocoran ini seakan memperbesar kemungkinan Google mendukung desain layar ‘notch’ di Android P. Terlebih dengan penggunaan gesture yang membuat penggunanya lebih mudah mengoperasikan ponsel.

Google akan mengungkap pembaruan sistem operasinya di perhelatan pesta pengembang I/O yang rutin diadakan pada Mei setiap tahunnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *