Tekno

Xiaomi Comet dan Sirius Bakal Pakai Snapdragon 710?

Beberapa hari lalu, sempat tersebar kabar yang menyebutkan bahwa Xiaomi tengah menyiapkan dua perangkat anyar. Informasi dari XDA Developers menyebutkan smartphone ini menggunakan kode nama ‘Comet’ dan ‘Sirius’.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (16/4/2018), kedua smartphone itu akan menggunakan Snapdragon 710, model chipset anyar Qualcomm yang sudah mendukung kecerdasan buatan. Namun, dari sejumlah laporan, chipset ini nantinya akan disebut sebagai Snapdragon 670.

Kedua smartphone Xiaomi ini disebut akan tampil identik. Dua perangkat ini menggunakan layar OLED yang sudah mendukung Always On Display.

Dari laporan juga disebut dua model ini sudah menjalankan MIUI yang berbasis Android 8.1 Oreo. Sama seperti smartphone Xiaomi lain, baik Comet dan Sirius mendukung SIM ganda dengan diperkuat baterai berkapasitas 3.100mAh.

Adapun perbedaan nantinya terletak dari kemampuan kamera dari dua perangkat tersebut. Jadi, Sirius digadang-gadang akan hadir dengan desain notch–seperti kebanyakan smartphone saat ini–dan kamera depannya menawarkan fitur portrait mode.

Kendati demikian, belum diketahui resolusi kamera dari dua perangkat ini. Xiaomi juga membenamkan fitur infrared di dua perangkat ini, tapi fitur NFC besar kemungkinan belum tersedia.

Sekadar informasi, meski berbeda ‘kelas’ dengan Snapdragon 845, Snapdragon 670 terbukti punya kinerja yang cukup baik. Prosesor diuji lewat situs benchmark Geekbench ke perangkat berbasis sistem operasi Android Oreo dengan RAM 6GB.

Dalam pengujian single core, Snapdragon 670 mampu mencetak skor 1.863, sedangkan pada pengujian multi core prosesor ini mengantongi skor 5.256. Kedua skor tersebut tentu terbilang tinggi.

Walau demikian, tidak ada informasi detail terkait Snapdragon 670, seperti spesifikasi detail dan kemampuan apa saja yang dimiliki. Namun, berdasarkan rumor yang beredar belum lama ini, prosesor akan memiliki pabrikasi 10nm.

Lebih lanjut, rumor menyebutkan Qualcomm membangun prosesor ini dari empat inti Kryo 360 Gold dan empat inti Kryo 385. Prosesor juga disematkan kartu grafis GPU Adreno 620.

Selain itu, prosesor juga akan dibekali modem Snapdragon X16 LTE dan Image Signap Processor Spectra 260 ISP yang juga dapat mendukung kamera dengan resolusi hingga 26MP.

Sayang, belum ada informasi kapan prosesor ini akan diumumkan. Kabarnya Snapdragon 670 bakal diluncurkan bersama dengan seri lainnya, yakni Snapdragon 640 dan 460.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *