Hot News Tekno

Lima bocoran teknologi anyar di ajang google I/O 2018

HarianBogor.com – Google akan menggelar konferensi pengembang tahunan yang biasa dikenal dengan Google I/O pada pekan ini. Ajang ini digunakan perusahaan yang berpusat di Mountain View itu untuk berkumpul dengan developernya tetapi juga mengumumkan produk baru.

Tahun ini, Google dipastikan bakal memperkenalkan Android baru dan kemajuan sistem kecerdasan buatan (AI) yang dibangunnya. Namun selain itu, ada sederet produk yang tak kalah menarik untuk dinantikan.

Berikut bocoran yang kabarnya akan dikenalkan dalam Google I/O.

Android P

Setiap tahunnya, versi Android terbaru selalu diperkenalkan dalam ajang ini. Di 2018, Google akan memperkenalkan Android P yang disebut lebih mengutamakan pengalaman visual dan berfokus pada desain antarmuka.

Sejak beberapa waktu silam, Android P disebut memberikan dukungan pada tampilan ponsel pintar “berponi” yang desainnya lebih dulu diadopsi iPhone X dari Essential dan Sharp. Tampilan tersebut akan membuat tampilan ponsel menjadi lebih luas di layar 18:9 yang sedang menjadi tren.

Artificial Intelligence

CEO Google Sundar Pichai selama bertahun-tahun telah mengatakan bahwa AI adalah rahasia masa depan perusahaan yang dipimpinnya. Google telah berusaha membuat teknologi yang bisa mengidentifikasi obyek dan menggunakan AI dengan bahasa yang lebih alami.

Tahun ini, Google disebut akan meluncurkan produk yang lebih dekat dengan konsumen seperti Google Lens. Perusahaan juga akan masuk ke bisnis chip dengan Tensor Processing Unit dan paltform TensorFlow.

Chip tersebut menjadi inti dari sistem pelatihan AI yang dirancang khusus oleh Google. Chip ini membantu perusahaan mempercepat proses pembelajaran untuk jaringan sarafnya.

Google Photos, News dan Play

Ketiga produk ini mungkin bukan yang terbesar, namun sangat populer selama Google I/O setiap tahun. Google biasanya akan menyediakan beberapa statistik baru tentang popularitas aplikasi Android melalui Play Store.

Google Photos akan mendapatkan peningkatan fitur dan peningkatan AI yang berasal dari Google Lens, sehingga dia mungkin akan diselipkan perangkat lunak pengenalan gambar dan objek untuk meningkatkan fungsinya.

Google juga merencanakan perubahan platform News pada desktop dan seluler. Google News disebut bakal berintegrasi dengan lebih banyak video dari YouTube.

Permainan

Google akan mengumumkan beberapa permainan dalam ajang ini. Salah satunya didukung oleh Chromecast sehingga bisa dimainkan bersama-sama di ruang tamu sebagai hibrid permainan konsol-mobile.

Perusahaan yang dibangun Sergey Brin ini juga memiliki permainan sosial baru, Arcade, dari startup yang dirintis Michael Sayman.

Wear OS

Selain Android P, I/O juga dimanfaatkan Google untuk mengumumkan OS Wear atau sebelumnya dikenal sebagai Android Wear. Perangkat lunak OS Wear baru telah diluncurkan namun masih dalam masa pratinjau pengembang bersama Android P.

  • Wear OS membawa beberapa perbaikan yang sangat dibutuhkan untuk masa pakai baterai. Dia juga membawa mode gelap untuk antarmuka pengguna jam tangan pintar.Selain itu, Google juga telah mengumumkan beberapa pembaruan untuk OS Wear yang menghadirkan lebih banyak fitur Google Assistant ke platform.Jakarta, CNN Indonesia 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *