Otomotif

Tren Skutik MAXI Akan Bergeser ke Model 3-Wheel-Drive

Harianbogor.com – Sukses pasarkan Skutik MAXI, Yamaha tengah menyiapkan kendaraan 3-wheel-drive performa tinggi pertama di dunia. Motor roda tiga yang digadang-gadang berlabel Niken ini adalah hasil dari lebih dari 10 tahun dan akan dijual secara global dan akan menjadi tren baru.

Menurut Arata Kato dari Divisi Perencanaan Produk Yamaha, Niken adalah mobil yang lahir dari pengendara yang dapat menikmati tikungan yang lebar. Desain motor ini adalah bahwa hal yang paling penting ketika mendesain motor dengan kemampuan aerodinamis yang luar biasa.

Sementara itu Takahiro Suzuki – Project Manager Yamaha Niken juga menegaskan Niken bahwa kendaraan dengan tiga roda dengan kemampuan miring yang fleksibel akan memberikan perasaan gembira seperti sepeda motor tradisional. Pengembangan teknis dari Niken juga berkisar pada ide ini.

“Dengan menciptakan sistem kemudi independen dan nampak miring dengan offset tertentu, dan produk ini tentunya menjadi pasar baru bagi Yamaha dan akan kami pasarkan secara Global dan akan menjadi tren baru,”  tegas Takahiro seperi dilansir dari Xedoisong

Motor ini resmi diperkenalkan dalam versi produksi dengan nama Yamaha Niken. Dibekali sasis MT-09, motor ini menggabungkan desain agresif naked bike dengan sepasang roda depan. Kedua roda depan pun bisa bergerak independen dan masing-masing roda depan dengan sepasang suspensi.

“Ini leaning multi-wheeler (LMW) bermesin besar. Teknologi yang ada pada LMW mampu mengurangi efek perubahan jalan dan memberikan stabilitas tinggi ketika berbelok,” tulis Yamaha

Secara dimensi, motor ini punya postur panjang 2.150 mm, lebar 885 mm dan tinggi 1.250 mm. Mesinnya tiga silinder segaris, 4-tak, DOHC, pendingin cairan dengan teknologi crossplane.

Sebagai informasi, nama Niken sendiri merupakan penggabungan dua bahasa Jepang. Ni berarti dua, dan Ken adalah pedang. Sedangkan peluncuran Yamaha Niken sendiri baru akan dilakukan pada November mendatang di Milan Motorcycle Show.

Sumber dari Sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *